Jumat, 20 April 2012

Kerja Sama Patroli TNI-AL dan Australia



Hari Rabu, tanggal 18 April 2012 ....
Saat mau kembali ke Rote, kebetulan sekali ada kejadian menarik di sekitar Pelabuhan Laut Tenau Kupang dan langsung saja beberapa momen saya abadikan walaupun itu dak-dakan.

Ada dua Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Kakap-811 dan Tongkol-813 sedang sandar di pelabuhan serta sejumlah tentara berpakain lengkap dengan topi baja dan senjata lengkap layaknya dalam keadaan perang.
Lebih anehnya lagi di antara prajurit TNI tersebut ada juga prajurit bule dengan pakaian lengkap pula. Pikirku waktu itu mungkin ada teroris atau bajak laut yang ditangkap. Hehehe... ternyata salahhh.

Setelah searching di internet (http://beritahankam.blogspot.com) barulah saya tahu ternyata KRI Kakap-811 dan Tongkol-813 sedang menyambut kedatangan Her Majesty Australia Ship (HMAS) Pirie-P87 berkaitan dengan kerja sama Patroli Koordinasi Australia Indonesia (Patkor Ausindo) tahun 2012 yang di gelar oleh kedua negara tersebut. Selanjutnya Komandan KRI Tongkol Mayor Laut (P) Bimoaji dan beberapa perwira dari Lantamal VII Kupang, mengunjungi HMAS Pirie yang telah bersandar di dermaga Tenau, Kupang.

Pada kegiatan kerjasama patroli kali ini pihak Australia melibatkan sebuah kapal patroli (Patrol Boat) HMAS Pirie-P87 dengan Komandan Lieutenant Commander Mitchell Livingstone serta sebuah pesawat intai maritim milik Royal Australian Air Force (RAAF) Northern Command jenis P3-C Orion.

Inilah beberapa momen yang sempat saya abadikan dari atas Kapal Ferry Express Bahari.
Walaupun terkesan buru-buru tapi lumayanlah mumpung kejadian seperti ini sangat langka di wilayah NTT.


Pasukan Australia dari HMAS Pirie-P87 dengan menggunakan sekoci saat tiba pertama di KRI Kakap-811 disambut Prajurit TNI-AL (membelakangi).



 
 


Suasana di atas anjungan heliped KRI Kakap-811 saat beberapa pasukan Australia hendak kembali turun dan diikuti oleh prajurit TNI-AL setelah melakukan apel bersama.


 



Inilah KRI Kakap-811 terlihat sedang sandar di Dermaga Tenau Kupang dengan sejumlah pasukan dari kedua negara di atasnya. Nampak juga  sekoci tetap bersiaga di sisi kapal.

Nampak dari belakang KRI Kakap dengan nomor lambung 811 dan di sisi kirinya KRI Tongkol-813 (kepotong), dan dari kejauhan nampak Kapal Patroli Australia HMAS Pirie-P87.

Beberapa prajurit TNI-AL sedang bersiaga di atas sekoci di samping KRI Kakap-811.
Para pelibut berita baik dari Indonesia maupun Australia pun sibuk mengabadikan momen penting ini dari atas KRI Kakap-811. Rupanya momen ini saat penyambutan prajurit dari HMAS Pirie-P87.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar